KONTAK KAMI | Butuh bantuan? Klik disini!
  • Phone - 085221313697
  • SMS - 085221313697
  • BBM - By Request
  • Whatsapp - 0852-2131-3697
Beranda » Info Terbaru » Mengenal Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Khimar

Mengenal Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Khimar

Diposting pada 23 June 2017 oleh Amella Hijab Gallery

Eksistensi hijab, jilbab, dan khimar sebagai busana muslimah semakin diakui oleh berbagai kalangan di dunia termasuk di Indonesia, bukan saja oleh para muslimah yang mengenakan pakain tersebut tetapi juga oleh para desainer fashion profesional. Itu sebabnya popularitas busana muslimah terus meningkat seiring perkembangan fashion di dunia termasuk tentunya di Indonesia.

Berbeda dengan jaman dulu, kini model-model hijab, jilbab, dan khimar sangat bervariasi. Mulai dari pemilihan warna, motif, corak, sampai material yang digunakan pun sangat beragam. Hal ini tentu tidak terlepas dari permintaan pasar yang juga terus meningkat.

Di Indonesia yang mayoritas memeluk agama Islam, busana muslim sangat dibutuhkan khususnya oleh kaum hawa karena sesuai dengan anjuran syariah Islam dalam konteks menutup aurat. Para desainer fashion seakan terlihat berkompetisi membuat desain-desain baru untuk memenuhi kebutuhan busana tersebut yang dari waktu ke waktu terus meningkat. Meski di berbagai daerah produsen busana muslimah sangat banyak tetapi permintaan pasar untuk produk tersebut masih jauh lebih besar.

Terlepas dari perkembangan fashion muslim, sebenarnya masih ada orang yang belum mengetahui perbedaan hijab, jilbab, dan khimar. Mereka lebih sering menyebutnya gamis atau busana muslim wanita untuk setelan pakaian tersebut. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai busana tersebut.

HIJAB
Hijab berasal dari bahasa Arab “hajaban” yang artinya menutupi, “AL-HIJAB” adalah suatu benda yang menutupi sesuatu. Dalam Al Qur’an hijab artinya penutup, bisa berupa kain penutup, tirai pembatas, papan pembatas, dan benda lain yang digunakan sebagai penutup atau pembatas. Makna dari hijab sendiri adalah sesuatu yang menutupi (menghalangi) dirinya.

JILBAB
Jilbab adalah pakaian longgar yang menutupi seluruh bagian tubuh yang terjulur sampai mendekati tanah sehingga bentuk lekuk tubuh pemakainya tidak terlihat. Dalam Al Qura’n surat Al-Ahzab:59 dijelaskan “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka…”. Dalam bahasa Arab jilbab diartikan selendang atau pakaian lebar yang dipakai muslimah menutupi kepala, dada, dan bagian belakang tubuh. Dengan kata lain, jilbab adalah pakaian longgar yang dipakai wanita untuk menutupi seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

KHIMAR
Khimar adalah pakaian yang menutupi kepala, leher dan dada. Bentuknya menjulur menutupi bagian depan dan belakang. Khimar tidak diikatkan ke leher karena jika hal ini terjadi akan memperjelas bentuk lekuk dada wanita. Jadi khimar harus menjulur lurus ke bawah dari kepala ke seluruh dada sampai tertutupi. Dalam Al Qur’an Surat An-Nur:31 “Khimar adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan dada tanpa menutupi muka”.

Sumber: Sentra Oribelle

Silakan share informasi ini kepada teman atau kerabat Anda! Siapa tahu bermanfaat.

Mengenal Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Khimar | Amella Hijab Gallery

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Khimar

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Temukan Kami

SMS/WA: +62 85221313697
Phone: +62 85221313697
BBM: By Request
Email: galeriamella [at] gmail.com
Instagram: @amellahijabgallery
Facebook: @AmellaHijabGallery

Kontak